Dec 8, 2016

RPOJK tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (FinTech Lending)


Pernahkah anda membayangkan proses pinjam meminjam uang tanpa harus bertatap muka, melalui jaringan internet, bahkan semudah anda update status di jejaring sosial. jika pernah, nampaknya hal tersebut akan mudah kita jumpai di hari-hari mendatang. Kedepannya kita akan disuguhi iklan-iklan berbasis internet tentang lembaga jasa keuangan yang menyediakan layanan tersebut.

Namanya adalah Fintech Lending, impian setiap orang untuk mendapatkan akses pembiayaan yang mudah dan cepat akan segera terwujud.
Saat ini OJK sedang menyiapkan Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (RPOJK) yang saat ini sedang dalam tahap permintaan tanggapan kepada masyarakat yang kemudian nanti akan dijadikan POJK. Perusahaan Fintech sebetulnya sudah dapat kita jumpai saat ini dengan mudah. Bahkan sudah dibentuk asosiasinya menurut informasi dari situs: https://fintech.id/home

Sangat menarik, dalam RPOJK tersebut akan diatur bahwa kepemilikan asing dapat mencapai hingga maksimal 85%, selain itu modal yang dipersyaratkan relatif tidak terlalu besar yakni Rp2 miliar pada saat pendaftaraan dan wajib ditingkatkan menjadi Rp5 miliar pada saat pengajuan izin usaha dengan nilai pinjaman maksimal 20% dari total dana yang dimiliki pemberi pinjaman kepada setiap penerima pinjaman. Suku bunga pinjaman yang dipersyaratkatkan maksimal adalah 7kali dari suku bunga BI 7-days Repo Rate pertahun dan Peminjam hanya boleh WNI ataupun Badan Usaha yang berkedudukan di Indonesia.

Bagi pemilik dana baik asing ataupun dalam negeri tentunya peluang ini (FinTech Lending) merupakan angin segar mengingat saat ini mayoritas akses pinjaman kepada perbankan di Indonesia (baik bank umum ataupun BPR) masih mengedepankan collateral basis.

Silahkan dibaca RPOJK dimaksud, dan jika anda memiliki tanggapan silahkan menyampaikannya kepada OJK. 

Untuk mendownload RPOJK tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi silahkan klik disini

video mengenai FinTech:





Beberapa artikel mengenai FinTech:

http://fintechnews.sg/3121/fintech/7-indonesian-fintech-startups-watch/

http://hitsss.com/tren-dan-peran-besar-startup-fintech-di-tahun-2016/


What is the biggest concern of operational risk in bank nowaday?

Apa perhatian terbesar terhadap risiko operasional bank pada hari-hari ini? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, mari kita ulas kemba...