Jul 14, 2015

Tipe-Tipe Calon Debitur Versi BPG

Hore libur telah tiba, dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri :) mohon maaf lahir dan batin. 
Postingan ini saya buat saat akan makan malam disebuah warung, setelah selesai memesan makanan, sy mengamati orang2 yg dilayani di warung ini, bermacam2 tipenya, ada yg sopan, ada yg galau,  dan ada yg tidak sabaran. Serentak sy langsung teringat bahwa dalam kegiatan usaha bank, setiap harinya selalu berhubungan dengan nasabah / counterparty yg berbeda2 pula. Kalau saya lebih sering berhubungan dengan calon debitur maupun debitur, oleh karena itu saya ingin memposting macam-macan tipe karakter calon debitur versi BPG :

1. cadeb perfectionis
Bukan hanya staff bank saja yg umumnya bersifat perfectionis, cadeb pun demikian, tipe ini selalu memperhatikan kelengkapan dokumen sbg pengajuan kreditnya, contoh sederhana saja, misalnya kita minta dokumen a, diberikan dokumen a,b.c| tidak jarang saya nemuin yg kaya begini.

2. Cadeb Sok Akrab
Cadeb ini sangat ramah, bahkan saking ramahnya sampai seolah-olah sudah kenal akrab, tipe ini tidak hanya terpaku sampai to the point pengajuan kreditnya saja, tipe ini bisa tiba2 peduli dengan kesehatan, keluarga dan hal2 lainnya  terhadap staff bank.


3. Cadeb Kaku
Tipe ini sangat kaku, mencoba menjaga jarak, sangat to the point, jika anda tidak bertanya dia tidak akan menjelaslan lebih lanjut.

4. Cadeb Teliti
Tipe ini biasanya paling tidak disukai oleh setiap staff bank, tipe ini sangat teliti dan selalu menganalisa dengan kritis setiap keterangan yg diberikan oleh staff bank, bahkan sampai sangat mendetil.


5. Cadeb gak sabaran
Tipe ini selalu memburu staff bank apabila kreditnya belum dicairkan, pengalaman saya dengan tipe ini pernah sampai sehari ditelp lebih dari 5kali, durasi pertelfonnya 15-30 menit. x.x



6. Cadeb dengan gaya Akademis
Menghadapi tipe ini seperti berbicara dengan dosen dikelas, semua harus ada dasar akademisinya.. Contoh saya pernah mengatakan bahwa trend suku bunga cenderung naik, yg ditanyakan malah apa penyebabnya, apa dampaknya, bagaimana mengatasinya, blaaa blaaa blaaa... Untung sy dulu jarang bolos waktu mata kuliah ekonomi hihihihi


7. Cadeb santai / gaul
Tipe ini yg paling saya suka, selain biasanya tipe ini bersifat "yes men" artinya mangut2 aja, juga gak bawel dan cenderung koperatif. tp kita harus lebih jeli menghadapi yg seperti ini, jangan sampai sikapnya yg enak terhadap kita, membuat kita jadi lupa prinsip pudential banking....



8. Cadeb debat lover
Tipe selalu membantah hal2 yg kita sampaikan, wahh selalu ada saja yg didebatkan, hemm was2 kalau punya debitur kayak bgini..

9. Cadeb Galau
Meski seyogyanya seorang AO harus mampu mengukur dengan toleransi penyimpangan yg rendah terhadap kebutuhan jumlah dan  karakteristik kredit yg diajukan oleh cadeb. Namun kadangkala tipe cadeb ini sering membuat staff bank kesel juga, pengalaman saya, dalam rentang waktu 3jam permohonan kredit berubah2 jumlahnya... | lain lagi kesempatan lainnya, sudah mantap ingin mengajukan kredit, bisa2 kendor lagi, besoknya semangat lagi... | ada loh tipe cadeb seperti ini.

Semangat sekali mengetik postingam kali ini, mengingat sudah lama tidak posting ke BPG, namun apa daya perut sudah lapar terpaksa harus disudahi dulu.

Okay, makanannya sudah datang semua, saatnya makan... 

BPG quotes hari ini : 

"Pada umumnya, posisi bank terhadap debitur pada saat kredit belum dicairkan seperti raja, namun jika kredit sudah terealisasi posisi bank berubah seperti pengemis. Hanya saja mengemisnya harus tegas dan keren" :D

Thanks sudah berkunjung....



Mari Berteman ^^

What is the biggest concern of operational risk in bank nowaday?

Apa perhatian terbesar terhadap risiko operasional bank pada hari-hari ini? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, mari kita ulas kemba...