Oct 28, 2014

INTERMEDIASI KEUANGAN

JENIS INTERMEDIASI KEUANGAN



INTERMEDIASI DENOMINASI

Intermediasi ini terjadi apabila lembaga keuangan menerima tabungan dalam jumlah kecil tetapi memberikan / menyalurkan kredit dengan jumlah yang lebih besar

INTERMEDIASI RISIKO
Lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat tentunya menawarkan instrument-instrumen investasi yang berisiko rendah dan aman. Dana tersebut akhirnya dialihkan kepada peminjam (unit deficit dana) yang tentunya memiliki risiko gagal bayar. Risiko tidak dibayarnya kredit oleh debitor merupakan risiko lembaga keuangan sendiri.

INTERMEDIASI JATUH TEMPO
Intermediasi ini muncul karena lembaga keuangan umumnya menerima dana dari masyarakat dengan jangka waktu yang relative pendek dan menyalurkan kembali dalam bentuk pinjaman dengan jangka waktu yang lebih panjang.

INTERMEDIASI INFORMASI
Intermediasi ini berkaitan dengan proses penyediaan informasi kepada nasabah, baik yang tidak memiliki kesempatan mengukuti perkembangan pasar maupun yang memang tidak memiliki kesempatan menagakses informasi yang relevan dengan kondisi pasar dan peluang-peluang.

INTERMEDIASI MATA UANG

Mata uang penabung sering tidak relevan dengan mata uang yang dibutuhkan / yang diinginkan peminjam, oleh karena itu lembaga keuangan menerima simpanan dalam berbagai mata uang untuk memenuhi kebutuhan mata uang yang dibutuhkan peminjam.

Mari Berteman ^^
David Iskandar | Create Your Badge

What is the biggest concern of operational risk in bank nowaday?

Apa perhatian terbesar terhadap risiko operasional bank pada hari-hari ini? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, mari kita ulas kemba...