Aug 22, 2013

TIPS SEDERHANA DALAM MEMILIH REKSADANA

Ada banyak manfaat berinvestasi pada reksa dana. Selain memberikan peluang berinvestasi dengan dana yang tidak besar, mudah dibeli, mudah dicairkan, dan imbal hasil yang melebihi deposito umumnya, berinvestasi pada reksa dana tidak memerlukan riset dan penelitian yang banyak memakan waktu seperti halnya bila Anda berinvestasi langsung pada saham dan obligasi. Manajer investasi yang akan melakukannya untuk Anda. Tidak heran bila reksa dana menjadi pilihan investasi banyak orang.

Namun, ada begitu banyak pilihan reksa dana. Coba saja Anda lihat di harian bisnis yang memuat kinerja aneka produk reksa dana, Bagaimana Anda dapat menentukan mana yang terbaik? Setidaknya ada tiga hal pokok yang perlu Anda periksa untuk menentukan mana yang terbaik:
  1. Biaya keseluruhan kepemilikan reksa dana. Biaya ini dihitung dari rasio biaya dana  dengan biaya transaksi. Biaya dana akhirnya secara langsung memengaruhi kinerja dana karena diambil dari dana kelolaan. Dana dengan rasio biaya rendah memiliki peluang lebih baik untuk memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dan menunjukkan kemampuan operasional yang lebih efisien.
  2. Kinerja historis dari reksa dana.  Meskipun kinerja masa lalu tidak menjamin hasil di masa mendatang,  namun dapat memberikan gambaran tentang seberapa baik  reksa dana dikelola di perusahaan itu. Seperti halnya koki di restoran dapat menjamin enak tidaknya masakan, manajer investasi yang baik dapat menjamin bagus tidaknya kinerja investasi dana kelolaannya.
  3. Layanan perusahaan. Cobalah Anda periksa apakah mereka memiliki situs informatif yang menyediakan formulir-formulir yang diperlukan, call center yang mudah dihubungi,  atau  lokasi cabang fisik yang dekat dengan Anda. Anda mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda dari investor lain dan perlu kemudahan untuk mengontak layanan pelanggan di perusahaan itu jika sewaktu-waktu Anda perlukan.
Setidaknya beberaa tips diatas tersebut dapat menjadi pertimbangan anda, cermat dan pahami investasi reksadana anda :)


TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG
 SEMOGA ARTIKEL DALAM #BPG DAPAT MEMBANTU.
SALAM SAHABAT #BPG

Untuk terus mendapatkan postingan terupdate setiap harinya jangan lupa Follow twitter @david_iskandar3 bisa langsung KLIK DISINI 



David Iskandar | Create Your Badge

What is the biggest concern of operational risk in bank nowaday?

Apa perhatian terbesar terhadap risiko operasional bank pada hari-hari ini? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, mari kita ulas kemba...