Jul 17, 2013

LATAR BELAKANG GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG)


Perkembangan industri perbankan yang sangat pesat umumnya disertai dengan semakin kompleksnya kegiatan usaha bank yang mengakibatkan peningkatan eksposur risiko bank. Good Corporate Governance (GCG) pada industri perbankan menjadi lebih penting untuk saat ini dan di masa yang akan datang mengingat risiko dan tantangan yang dihadapi oleh industri perbankan akan semakin meningkat.

Dalam rangka meningkatkan kinerja bank, melindungi kepentingan stakeholders dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan serta nilai etika (code of conduct) yang berlaku secara umum dalam industri perbankan, bank wajib melaksanakan kegiatan usahanya dengan berpedoman pada prinsip-prinsip GCG. Pada gilirannya penerapan GCG akan makin memperkuat kondisi internal perbankan.

GCG mengarahkan bank pada upaya pencapaian profit dan sustainable secara seimbang. Sehingga pencapaian profit yang merupakan wujud pemenuhan kepentingan pemegang saham (shareholder) tidak dapat terlepas dari upaya pencapaian sustainable yang merupakan wujud pemenuhan kepentingan para pemangku kepentingan.

Beberapa permasalahan tata kelola bank yang tidak baik dan profesional akan sangat jelas terlihat dalam pengelolaan struktur organisasi bank yang secara umum dapat terlihat melalui tata kelola organisasi menurut sudut pandang para stakeholder. Sehingga apresiasi stakeholder pada Bank untuk menciptakan value creation sangat memerlukan suatu proses timbal balik diantara stakeholder secara baik dan profesional melalui suatu tata kelola bank yang baik dan profesional  dengan memiliki nilai-nilai transparansi (transparency), akuntabilitas (accountability), tanggung jawab (responsibility), mandiri/independensi (independency), dan kewajaran (fairness).

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG
 SEMOGA ARTIKEL DALAM #BPG DAPAT MEMBANTU.
SALAM SAHABAT #BPG

Untuk terus mendapatkan postingan terupdate setiap harinya jangan lupa Follow twitter @david_iskandar3 bisa langsung KLIK DISINI 


David Iskandar | Create Your Badge

What is the biggest concern of operational risk in bank nowaday?

Apa perhatian terbesar terhadap risiko operasional bank pada hari-hari ini? Sebelum menjawab pertanyaan diatas, mari kita ulas kemba...